SEJARAH SINGKAT BNN KOTA SURABAYA

Menghadapi permasalahan narkoba yang cenderung meningkat, pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat RI mengesahkan UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dan UU Nomor 22 Tahun 1997 tentang Narkotika. Keputusan Presiden Nomor 116 Tahun 1999 berdirinya BKNN suatu Badan Koordinasi Penanggulangan Narkoba. BKNN sebagai badan koordinasi dirasakan tidak memadai lagi untuk menghadapi ancaman bahaya Narkoba yang semakin serius. Oleh karena itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2002 tentang BKNN diganti dengan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Dalam rangka Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, serta dalam rangka mendukung program Indonesia Bebas Narkoba tahun 2015, pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, yang di dalamnya antara lain mengatur kelembagaan Badan Narkotika Nasional (BNN) yang merupakan lembaga Non Struktural menjadi Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden. Untuk mengoptimalkan kinerja di tingkat daerah, dibentuklah BNN Provinsi, Kota dan Kabupaten. Termasuk salah satunya BNN Kota Surabaya.

Perkuatan kelembagaan BNN yang sangat fundamental dalam UU tersebut dibandingkan dengan kelembagaan BNN sebelum terbitnya UU Nomor 35 Tahun 2009, berupa pemberian kewenangan kepada BNN untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika. Selain kewenangan penyelidikan dan penyidikan dalam UU tersebut, telah diatur pula mengenai seluruh harta kekayaan atau harta benda yang merupakan hasil tindak pidana narkotika dan prekursor serta tindak pidana pencucian uang dari tindak pidana narkotika dan prekursor narkotika. Berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, dirampas untuk negara dan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba serta upaya rehabilitasi medis dan sosial.

 

VISI BNN KOTA SURABAYA

Menjadi perwakilan bnn di kota surabaya yang profesional dan mampu menyatukan dan menggerakkan seluruh komponen masyarakat, instansi pemerintah, dan swasta di kota surabaya di dalam melaksanakan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

 

MISI BNN KOTA SURABAYA

Bersama instansi pemerintah daerah, swasta dan komponen masyarakat di kota surabaya melaksanakan :

1.pencegahan

2.pemberdayaan masyarakat

3.penjangkauan dan pendampingan

4.pemberantasan, serta didukung tata kelola pemerintahan yang akuntabel dalam rangka P4GN